Perkembangan teknologi diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh umat  manusia. Tak terkecuali bagi para penyandang Tuna Rungu. PT  Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menjawab tantangan tersebut dengan  menyediakan teknologi untuk Tuna Rungu.Telkom meluncurkan sebuah  aplikasi dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru  Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu dan orang tua, dalam proses  pembelajaran bahasa bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran  di Indonesia.Aplikasi dan portal i-CHAT (I Can Hear And Talk)  Telkom, ditujukan bagi tersedianya media bagi komunitas Tunarungu di  Indonesia untuk berinteraksi, saling berbagi ilmu dan pengetahuan, dan  metode pembelajaran bahasa, sehingga mereka yang berkebutuhan khusus  dalam hal pendengaran ini mampu berkomunikasi, bersosialisasi, tumbuh  dan berkembang sebagaimana layaknya orang normal.Aplikasi  tersebut dibuat dalam dua mode yaitu mode offline, dimana user harus  melakukan instalasi program pada komputernya dan mode online di mana  user dapat menjalankan aplikasi dengan mengakses situs i-CHAT. Program  i-CHAT saat ini terbagi dalam 5 modul utama yaitu modul kamus, modul  isyarat abjad jari, modul isyarat bilangan, modul tematik, dan modul  menyusun kalimat. (Modul 1-4 bersumber dari buku 'Cara Mudah Belajar  SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)' yang diterbitkan oleh FNKTRI."Gagasan  menciptakan teknologi yang ditujukan untuk kalangan berkebutuhan khusus  tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa Teknologi Informasi dan  Komunikasi (TIK) mampu memberikan manfaat besar bagi seluruh umat  manusia, baik mereka yang normal maupun berkebutuhan khusus," Menurut  Senior General Manager RDC Telkom, Mustapa Wangsaatmaja dalam  keterangannya, Jumat (16/4/2010).Menyusul peluncurannya, Telkom  melakukan pelatihan singkat tentang aplikasi i-CHAT kepada 50 puluh guru  dari berbagai SLB yang ada di Bandung dan Jawa Barat yang  penyelenggaraannya dilakukan bersamaan dengan pelatihan reguler Bagimu  Guru Kupersembahkan."Tahun 2010 ini, Telkom RDC juga terus  bekerjasama dengan Federasi Nasional untuk Kesejahteraan Tuna Rungu  Indonesia (FNKTRI) melakukan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk  sebuah aplikasi dan portal yang diberi nama i-CHAT (I Can Hear and  Talk)," jelas kata Vice Presiden Marketing Communication Telkom, Eddy  Kurnia.shareisme ^_^




0 komentar:
Posting Komentar